• Kam. Jun 13th, 2024

Cara Ganti Oli Motor

Cara Ganti Oli Motor – cara ganti oli motor sebenarnya cukup mudah dilakukan. Apalagi seusai menempuh jarak kurang lebih 2000 km atau penggunaan sebulan penuh, oli mesin motor kesayangan sudah selayaknya diganti. Saat waktunya mengganti pelumas memang lebih mudah jika diserahkan pada bengkel dan kamu pun tinggal duduk manis. Namun demikian, jika ada waktu senggang atau kamu sedang mencari kegiatan, tidak ada salahnya untuk mengganti oli sendiri.

Memperbarui oli motor dengan menggantinya sendiri memang memiliki sejumlah keuntungan, selain bisa menghemat waktu dan biaya jika ke bangkel. Kamu pun makin tahu seluk beluk motor dan bisa belajar lebih dalam untuk merawat motor kesayangan. Apalagi cara ganti oli motor sendiri tidak butuh banyak alat.

Cara ganti oli motor

Tak hanya itu, oli ini juga bisa mencegah terjadinya pembentukan deposit di piston dan menjaga mesin tetap bersih sehingga mesin tetap awet. So, kali ini mimin akan membagikan beberapa Cara Ganti Oli motor yang dapat kamu coba di rumah berikut ini :

1. Cara Ganti Oli Motor Tunggu Mesin Motor Dingin

Cara Ganti Oli Motor

Cara Ganti Oli Motor Tujuan utamanya adalah menghindarkan kamu dari bahaya kulit melepuh ketika tidak sengaja menyentuh bagian mesin yang masih panas atau terciprat oli bekas yang masih dalam keadaan mendidih ketika melepas baut pembuangan.

Baca Juga  Toko Variasi Motor Banyumas Yang Terbaik

Selain itu juga saat mesin masih dalam keadaan panas, drat ulir pada pembuangan sedang memuai dan mudah sekali rusak jika baut pembuangan dibuka dengan keras. Mungkin jika terjadi kerusakan ringan masih bisa diakali dengan menambahkan seal tape pada saat mengencangkan baut. Namun jika sudah parah kamu harus membawanya ke bengkel bubut untuk dibuatkan drat baru.

2. Cara Ganti Oli Motor Siapkan Peralatan

Setelah mesin sudah mendingin, siapkan peralatan untuk mengurans oli mesin motor, diantaranya kunci pas, lap kering dan wadah penampung oli bekas. Sebelum mengganti oli sendiri cari lokasi penggantian yang tidak mengganggu orang lain, misalnya di garasi atau pelataran rumah. Pastikan areanya datar dan keras lalu gunakan standar tengah agar kedudukan motor stabil sehingga aman saat proses penggantian oli motor.

3. Cara Ganti Oli Motor Buka Baut Penguras Oli

Tempatkan dahulu wadah penampung oli bekas di bawah lubang pembuangan oli dan kemudian bukalah baut penutup lubang pembuangan oli dengan kunci pas/ring. Untuk makin memperlancar pembuangan olinya jangan lupa membuka juga stik pengisian oli.

Tahapan cara ganti oli motor selanjutnya adalah biarkan oli mengalir dengan sendirinya dan tunggu hingga habis. Jika di bengkel memang sudah menjadi kebiasaan untuk mempercepat oli keluar, mereka menyemprotnya menggunaka angin kompresor. Padahal tindakan ini kurang bagus, sebab akan menyebabkan kotoran yang mengendap justru menyebar kembali ke bagian mesin.

4. Cara Ganti Oli Motor Pasang kembali Baut Penguras Oli

Jika oli sudah habis menetes ke bak penampungan, pasang kembali baut penutup. Tetapi sebelumnya, gunakan kain lap untuk membersihkan sisa oli di lubang pembungan dan bersihkan juga baut penutupnya dari kotoran, debu dan pasir. Pasang kembali bautnya namun jangan terlalu keras saat mengencangkannya karena ditakutkan akan patah atau drat menjadi rusak dan baut malah tidak bisa dikencangkan sehingga oli pun bocor.

Baca Juga  Showroom Mobil di Bekasi Yang Terbaik

5. Cara Ganti Oli Motor Tuangkan Oli

Cara Ganti Oli Motor

Setelah yakin semuanya bersih, cek kembali baut saluran pembuangan oli apakah sudah kencang, kemudian masukkan oli baru sesuai takaran pada lubang pengisian. Langkah terakhir, bersihkan sisa-sisa oli yang tertinggal baik di sekitar mesin maupun bagian lainnya menggunakan kain lap.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Hay sob kali ini mimin akan membahas oli mesin untuk motor metic Pemilihan oli yang tepat jadi salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi performa dan kinerja mesin motor. Tak cuma itu, oli motor juga berpengaruh terhadap umur mesin kendaraan kamu. Apalagi pada motor matic yang membutuhkan putaran mesin yang cenderung tinggi, di butuhkan performa oli yang konsisten untuk mengantisipasi putaran mesin. Di pasaran sendiri tersedia cukup banyak rekomendasi pilihan oli motor matic terbaik yang layak di pertimbangkan.

Oli motor matic terbaik

Penggunaan oli yang tepat juga di butuhkan untuk menjawab kondisi stop and go yang biasa di temui di jalanan perkotaan. Nah, buat kamu yang sedang memilih oli terbaik untuk motor matic tenang mimin sudah merangkum beberapa oli motor metic terbaik yang dapat kamu belik di tokokh terdegat sob. Dari pada lama-lama yuk sobat otomotif kiat simak dereta oli terbaik untuk motor metic berikut ini:

1. Motul Scooter 4T LE SAE 10W/30

Rekomendasi oli terbaik untuk motor matic yang pertama adalah Motul Scooter 4T LE SAE 10W/30. Produk ini memiliki spesifikasi SAE: 10W-30, API SJ, JASO MB. Menariknya, Motul Scooter 4T LE SAE 10W/30 akan membuat mesin motor kamu dingin dan tetap prima meski sedang di pakai berkendara dalam jarak jauh. Tertarik? Pelumas motor berstandar internasional ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp80 ribu saja.

Baca Juga  7 Cara Modifikasi Satria Fu Yang Terbaik

2. Castrol POWER1 Scooter 4T

Sesuai dengan namanya, Castrol POWER1 Scooter 4T di tujukan buat kamu para pemilik motor-motor matic. Salah satu pelumas motor terbaik ini cocok buat kamu yang menggunakan motor matic sebagai kendaraan untuk mobilitas sehari-hari.

Tidak sembarangan, pasalnya, oli mesin matik 4 tak berkualitas premium ini dirancang khusus dengan menggunakan teknologi Scootek sehingga mengalir dengan cepat dan mengurangi hilangnya tenaga akibat gesekan pada mesin. Selain itu, teknologi Scootek ini juga akan menjaga mesin motor tetap dingin tanpa perlu takut kehilangan performa mesin. Soal harga, salah satu rekomendasi oli motor matic terbaik ini dibanderol sekitar Rp60 ribu.

3. Shell Advance 4t AX5 Scooter

Memilih pelumas untuk skuter matic sangat penting. Pasalnya, suara dan performa mesin yang di tawarkan jadi taruhannya. Itu sebabnya, kamu tidak boleh sembarangan saat memilih pelumas.Nah, produk pelumas terbaik berikutnya adalah Shell Advance 4t AX5 Scooter. Di bekali dengan Active Cleansing Technology, salah satu rekomendasi oli motor matic terbaik ini di klaim mampu membersihkan mesin 33 persen lebih baik dari pelumas lain.

Efeknya, teknologi tersebut mampu mencegah partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan, sehingga umur pakai mesin jadi lebih panjang.

4. Shell Advance 4T AX7 Scooter

Sesuai namanya, produk pelumas ini di ciptakan untuk motor matic. Di rancang khusus untuk motor bertransmisi otomatis, pelumas ini akan meningkatkan kontrol lewat akselerasi yang mulus, sehingga membantu kita untuk melindungi dan membersihkan mesin, serta memperpanjang umurnya.

Dengan menggunakan produk ini, getaran dan kebisingan yang ada pada motor kesayangan akan berkurang. Selain itu, Shell Advance 4T AX7 Scooter juga memiliki formula khusus untuk mempertahankan kekentalan pelumas lebih lama, sehingga mampu melindungi mesin dengan lebih maksimal. Untuk memilikinya, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp38 ribu saja.

Akhir Kata

Nah itulah sob beberapa kumpulan cara menganti oli dan oli motor metic terbaik yang dapat mimin sampaikan kepada sobat otometif di rumah. Mudah bukan sob cara merawat motor dan gak perlu keluar biyaya banyak. Nah sampai di sini dulunya sob pembahasan kita kalin ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencobanya 🙂

By admin